Per 1 Januari 2016, Pembayaran Pajak Gunakan E-Biling

ebilling

Jakarta, 04/01/2016 Kemenkeu – Mulai 1 Januari 2016, pembayaran pajak sudah menggunakan sistem online melalui e-billing. Pemberlakuan sistem e-billing merupakan wujud peningkatan layanan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) bagi Wajib Pajak (WP), untuk memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan dalam membayar pajak.

Untuk dapat menggunakan sistem e-billing, WP terlebih dahulu melakukan pendaftaran di alamat http://sse.pajak.go.id dengan memasukkan nomor NPWP dan alamat email. Selanjutnya, WP akan mendapatkan kode billing, yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di Teller Bank/Pos Persepsi, ATM reguler, MiniATM, atau internet banking. Transaksi pembayaran pajak yang sukses akan menerima Bukti Penerimaan Negara yang kedudukannya sama dengan Surat Setoran Pajak.

Untuk mengakomodasi peralihan cara pembayaran pajak dari sistem manual ke sistem online melalui e-billing, beberapa bank BUMN seperti Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, dan Bank Tabungan Negara serta PT Pos Indonesia, masih akan terus melayani pembayaran pajak secara manual hanya sampai 30 Juni 2016. (as)

Informasi Selengkapnya: Mulai 1 Januari 2016, Bayar Pajak Secara Online Melalui E-Billing

Tags

top